Peningkatan Pengetahuan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Penulis

  • Mulyadi Mulyadi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar
  • Erlani Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar
  • Rasman Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar
  • Farida STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.35584/reinforcementanddevelopmentjournal.v3i2.173

Kata Kunci:

Infeksi saluran pernafasan akut

Abstrak

ISPA sering dijumpai di negara-negara berkembang. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah infeksi pada saluran pernapasan baik saluran pernapasan atas atau bawah, dan dapat menyebabkan berbagai spektrum penyakit dari infeksi ringan sampai penyakit yang parah dan mematikan, yang dipengaruhi oleh pathogen penyebab, faktor lingkungan, dan faktor pejamu. Pengetahuan dan pemahaman tentang infeksi ini menjadi penting di samping karena penyebarannya sangat luas yaitu melanda bayi, anak-anak dan dewasa, komplikasinya yang membahayakan serta menyebabkan hilangnya hari kerja ataupun hari sekolah, bahkan berakibat kematian (khususnya pneumonia).

Metode awal pelaksanaan kegiatan penyuluhan berupa kegiatan penyuluhan kepada masyarakat, dan setalah dilakukan pemaparan materi dilanjutkan dengan melaksanakan sesi tanya jawab dan diskusi kepada masyarakat, kemudian diadakan evaluasi dengan untuk mengetahui apakah masyarakat memahami materi yang diberikan pada saat penyuluhan.

Dengan diadakannya penyuluhan ini para masyarakat dapat menerapan perilaku hidup bersih di Lingkungan serta mempertahankan dan lebih meningkatkan perilaku tersebut dalam upaya mencegah penyakit ISPA.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-10

Terbitan

Bagian

Currrent Issue (June 2024)