Cegah Pemicu Covid-19 Melalui Cara Hidup Bersih Dan Sehat Di SMP Kristen Elim Kota Makassar

Penulis

  • Mulyadi Mulyadi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar
  • Ain Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar
  • Erlani Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar
  • sulasmi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar
  • Haderiah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar
  • La Taha Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35584/reinforcementanddevelopmentjournal.v1i1.16

Kata Kunci:

PHBS, Pencegahan, Covid-19

Abstrak

Penyakit Coronavirus (CoVid-19) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia, biasanya menyebabkan infeksi saluran pernapasan, mulai dari flu biasa hingga penyakit serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Mencegah rasa sakit lebih mudah dan lebih murah daripada mengobati seseorang ketika mereka sakit. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Pola hidup sehat merupakan upaya menerapkan kebiasaan baik dalam menciptakan hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Adapun latar belakang kami mengambil judul ini karena berdasarkan survey di lapangan, melihat kondisi siswa SMP Kristen Elim kota Makassar saat ini yang belum memahami tata cara hidup bersih dan sehat yang ada di lingkungan baik sekolah, keluarga, dan komunitas. Oleh karena itu, kami ingin memberikan penyuluhan kepada mereka tentang pencegahan pencetusan covid-19 melalui metode pola hidup bersih dan sehat untuk menambah pengetahuan tentang penerapan pola hidup bersih dan sehat sebagai salah satu metode dalam pencegahan covid-19.

Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan hidup bersih dan sehat dalam rangka covid-19 dengan cara cuci tangan, social distancing, disinfektan, memakai masker, dan mematuhi protokol kesehatan lainnya. Kerjasama ini dapat memberikan arahan dan saling mengingatkan akan pentingnya hidup bersih dan sehat untuk mencegah covid-19. Adapun peningkatan pengetahuan siswa sebesar 7,1% pada saat dilakukan penyuluhan sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan siswa SMP Kristen Elim tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sudah di atas standar.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Terbitan

Bagian

Current Issue (June 2022)