Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah Sebagai Salah Satu Wujud Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup (PBLHS)

Penulis

  • Rokhmayanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Siti Kurnia Widi Hastuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Fardhiasih Dwi Astuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Titim Martini Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35584/reinforcementanddevelopmentjournal.v2i1.122

Kata Kunci:

Edukasi, Pengetahuan, PHBS

Abstrak

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup (PBLHS) di sekolah dapat didukung melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mengatasi permasalahan sampah yang terus meningkat setiap tahun dan meningkatkan derajat kesehatan. Pada tingkat program berwawasan lingkungan telah diterapkan oleh SD Muhammadiyah Mertosanan, namun masih belum sepenuhnya optimal dalam menerapkan PHBS. Oleh karena itu tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa SD Muhammadiyah Mertosanan melalui edukasi PHBS. Metode yang digunakan adalah penyuluhan menggunakan LCD projector dengan menampilkan narasi, gambar, video, dan melakukan menyanyi dan menari bersama yang didalamnya memuat tentang edukasi PHBS di sekolah. Hasil pengabdian ini diketahui bahwa peserta pengabdian paling banyak adalah siswa kelas 3 yaitu sebanyak 58 orang (50%) dan paling banyak berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 62.07%. Selain itu, mayoritas perilaku peserta sebelum dilakukan edukasi adalah kurang baik (54%) dan terdapat peningkatan pengetahuan peserta pengabdian sesudah dilakukan edukasi PHBS yang ditunjukan dengan kenaikan persentase jawaban yang benar pada setiap kode pertanyaan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa edukasi PHBS berhasil meningkatkan pengetahuan siswa di SD Muhammadiyah Mertosanan dan disarankan untuk dilakukan secara berkelanjutan

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-23

Terbitan

Bagian

Current Issue (Dec 2022)