Factors Related to the Implementation of Patient Safety Targets (SKP) on Nurses Privat Hospital X in Yogyakarta

Penulis

  • Siti Kurnia Widi Hastuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Vera Yunita Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35584/carejournal.v1i2.54

Kata Kunci:

Lama kerja, Sasaran keselamatan pasien, Sikap, Tingkat pengetahuan

Abstrak

Latar Belakang : Keselamatan pasien (patient safety) merupakan kondisi medis yang intens ke seluruh dunia. Akhir-akhir ini, negara-negara telah memahami pentingnya keamanan pasien.

Tujuan Penelitian : Mengetahui faktor–faktor yang berhubungan dengan implementasi sasaran keselamatan pasien pada perawat  rumah sakit X di Yogyakarta.

Metode Penelitian: jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan crosv-secftional., karena cross-sectional paling cocok untuk penelitian ini. Tehnik sampling yang digunakan yaitu proportionet random ampling  dengan sampel sebanyak 74 orang. Dan analisis yang digunakan adalah univariate dan bivariate pengolahan data denga chi-square.

Hasil Penelitian: sebanyak 51 perawat (68,9%) memiliki tingkat pengetahuan baik dimana hassil ufji statistic menunjufkkan nfilai p-value sebesfar 0,001 (p value< 0,05) yang artinya Ho ditolak yaitu ada hubungan antara pengetahuan dengan implementasi sasaran keselamatan pasien, sebanyak 42 perawat (56,8%) memiliki sikap baik dimana hasil uji statistic menunjukkan nilai p value sebesar 0,032 (p value< 0,05) yang artinya Ho ditolak yaitu ada hubungan antara sikap dengan implementasi sasaran keselamatan pasien, dan lama kerja perawat >3 tahun sebanyak 49 perawat (66,2%) dimana hasil uji statistic menunjukkan nilai p value sebesar 0,004 (p value<0,05) yang artinya Ho ditolak yaitu ada hubungan antara lama kerja dengan implementasi sasaran keselamatan pasien rumah sakit swasta X di Yogyakarta.

Kesimpuulan: Ada hubungan antara pengetahuan dengan implementasi sasaran keselamatan pasien, ada hubungan antara sikap dengan implementasi sasaran keselmatan pasien, ada hubungan antara lama kerja dengan implementasi sasaran keselamatan pasien di RS Swasta X di Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-22

Terbitan

Bagian

June 2022