Pengaruh Edukasi Deteksi Dini Stroke dengan Metode Fast Terhadap Tingkat Pengetahuan Keluarga dengan Risiko Tinggi Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Suwawa Kabupaten Bone Bolango

Penulis

  • Zulkifli B. Pomalango Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.35584/carejournal.v1i1.22

Abstrak

Deteksi dini merupakan pemeriksaan yang dilakukan pada orang yang belum menunjukkan adanya gejala penyakit untuk menemukan penyakit yang belum terlihat atau masih pada stadium praklinik. Metode yang dapat dilakukan untuk mendeteksi dini stroke adalah dengan metode FAST.

Tujuan penelitian ini yakni ntuk mengetahui pengaruh edukasi deteksi dini stroke dengan metode FAST terhadap tingkat pengetahuan Keluarga dengan risiko tinggi Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode: metode kuantitatif dengan disain quasi experiment berupa pre test and post test nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan sampel 34 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tingkat pengetahuan.

Hasil penelitian didapatkan sebelum diberikan edukasi deteksi dini stroke dengan metode FAST yakni dengan kategori baik sejumlah 3 responden, setelah diberikan edukasi deteksi dini stroke dengan metode FAST yakni terjadi peningkatakan dengan kategori baik sejumlah 13 responden. Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi deteksi dini stroke dengan metode FAST terhadap tingkat pengetahuan Keluarga dengan risiko tinggi Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Saran penelitian selanjutnya perlu adanya pengingkatan sistem dalam penanganan pasien stroke di tahap pra hospital.

 

Kata Kunci : Edukasi, FAST, Deteksi Dini, Stroke, Pengetahuan

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-05

Terbitan

Bagian

June 2022