Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pengetahuan tentang Antibiotik pada Anak Usia 0 – 12 Tahun di Desa Puguh Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal

Penulis

  • Elvira Rosa STIKes Kendal
  • haini santi sekolah tinggi ilmu kesehatan kendal
  • Ika Pratiwi STIKes Kendal
  • Anindya Tri H. STIKes Kendal

DOI:

https://doi.org/10.35584/carejournal.v2i1.125

Kata Kunci:

Tingkat pendidikan orang tua, Pengetahuan tentang antibiotic, Anak usia 0-12 tahun

Abstrak

Latar Belakang: Peresepan antibiotik untuk penyakit infeksi yang cukup tinggi dan kurang bijak akan meningkatkan kejadian resistensi. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap pengetahuan penggunaan antibiotik pada anak usia 0-12 tahun di Desa Puguh, kecamatan pegandon, Kabupaten Kendal

Metodologi: Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang tua yang memiliki anak usia 0-12 tahun di Desa PuguhKidul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling sejumlah 55 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data tingkat Pendidikan dan tingkat pengetahuan selanjutnya dianalisis dengan uji Chi-Square.

Hasil Penelitian: Hasil uji Chi-Square antara tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan diperoleh p=0,006. Hal ini menunjukan nilai p kurang dari 0,05 dengan taraf kepercayaan 95% sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan tentang antibiotik.

Kesimpulan: Adanya hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan pengetahuan tentang antibiotik pada anak usia 0-12 tahun di Desa Puguh Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-23

Terbitan

Bagian

Dec 2022