Efektifitas Edukasi Kesehatan Berbasis Audiovisual terhadap Perubahan Pengetahuan Tentang Diet Rendah Garam pada Penderita Hipertensi

Penulis

  • Mayta Sari Dwianggiawati Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35584/carejournal.v1i2.93

Kata Kunci:

Edukasi Kesehatan, Audiovisual, Hipertensi

Abstrak

Latar Belakang: Tingginya kasus penyakit hipertensi di Indonesia terus mengalami peningkatan. Penderita hipertensi yang tidak mendapat pengobatan yang memadai, akan berdampak terjadinya penyakit kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), penyakit jantung koroner, penyakit otak (stroke) dan kematian. Peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap hipertensi dapat dilakukan dengan memberikan promosi kesehatan dengan metode audiovisual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas edukasi kesehatan berbasis audiovisual terhadap perubahan pengetahuan tentang diet rendah garam penderita hipertensi.

Metode: Rancangan penelitian ini adalah Pra-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi sebanyak 60 orang anggota prolanis yang aktif pada kegiatan prolanis wilayah Puskesmas Adan-Adan Kabupaten Kediri. Dengan teknik Accidental Sampling didapatkan 30 orang responden yang bersedia menjadi sampel. Pengambilan data dilakukan selama satu bulan, dengan memberikan perlakuan audivosual diet rendah garam dilanjutkan pengisian kuesioner terstruktur. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed rank test.

Hasil: Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa terdapat efektifitas audiovisual diet rendah garam sebagai edukasi kesehatan terhadap perubahan pengetahuan tentang diet rendah garam penderita hipertensi (ρ-value=0,00<a=0,05).

Simpulan: Pemberian audiovisual efektif dalam peningkatan pengetahuan responden tentang diet rendah garam. Tenaga kesehatan dapat meningkatkan upaya promosi kesehatan menggunakan media audiovisual agar masyarakat memiliki kesadaran untuk selalu memeriksakan kesehatan dan menjaga asupan makanan yang mengandung garam serta meningkatkan pengetahuan dalam melakukan diet rendah garam sebagai upaya mengontrol tekanan darahnya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-26

Terbitan

Bagian

Current Issue (June 2022)