Hubungan Berat Badan dengan Tekanan Darah pada Lansia di Rw 08 Desa Kalidawir, Kabupaten Tulungagung

Penulis

  • Suharyoto, Suharyoto STIKES HUTAMA ABDI HUSADA TULUNGAGUNG
  • Suciati, Suciati STIKES HUTAMA ABDI HUSADA TULUNGAGUNG

DOI:

https://doi.org/10.35584/carejournal.v1i2.45

Kata Kunci:

Berat badan, Tekanan darah, Lansia

Abstrak

Tekanan darah merupakan faktor yang sangat penting pada sistem peredaran darah, peningkatan atau penurunan tekanan darah mempengaruhi hemostasis didalam tubuh, orang yang memiliki berat badan berlebih akan mengalami peluang tekakan darah tinggi 10 kali lebih besar dari pada yang tidak. Tekanan darah merupakan tekanan yang ditimbulkan pada dinding arteri, tekanan puncak terjadi saat ventrikel berkontraksi dan disebut tekanan sistolik.

Penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti pada Februari 2022, penelitian ini adalah termasuk penelitian analitik asosiasi. peneliti melakukan penelitian ini dengan cara Cross Sectional

Hasil uji statistik didapatkan Ho di tolak yang artinya ada hubungan, antara berat badan dengan tekanan darah pada lansia di Rw 08 Desa Kalidawir Kabupaten Tulungagung, dengan nilai P =0,000 < α =0,05.

Hasil penelitian dan pembahasan maka Hubungan berat badan responden di Rw 08 Desa Kalidawir, Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa hampir setengahnya dari responden mengalami kegemukan yaitu 9 responden (30%), dan kebanyakan berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 6 responden (33,3%).

Tekanan darah pada responden di Rw 08 Desa Kalidawir Kabupaten Tulungagung menunjukkan  hampir setengah dari responden mengalami tekanan darah tinggi yaitu sebanyak 13 responden (43,3%), sebagian besar dari responden yang mengalami tekanan darah tinggi berusia 60-65 tahun yaitu sebanyak 8 responden (53,3%), dan setengah dari responden yang mengalami tekanan darah tinggi berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 6 responden (50%).

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-17

Terbitan

Bagian

Current Issue (June 2022)